Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Pernah kamu sekali saja untuk melakukan kegiatan naik gunung? Atau kamu sering sekali melakukan kegiatan ini? Atau malah mungkin kamu belum pernah sama sekali melakukan hal tersebut? Tapi kamu sangat ingin melakukan kegiatan menantang ini? Tidak ada salahnya mencoba banyak hal dalam kehidupan kita terlebih jika usia masih muda dan masih kuat untuk kegiatan yang bisa menguras banyak tenaga ini. Tapi banyak hal yang harus kamu lakukan sebagai seorang pemula sebelum memutuskan hal – hal tersebut. Apa saja yang harus kamu persiapkan?

Pertama, mulai dari memeriksa kesehatan diri

Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi masalah disaat akan memulai kegiatan menantang ini. Lakukan pemeriksaan menyeluruh tapi yang terpenting adalah periksa jantung kamu apakah akan kuat atau tidak jika melakukan perjalanan jauh dan melelahkan seperti mendaki. Kamu bisa memilih antara ke rumah sakit atau cukup pergi ke puskesmas terdekat dirumah kamu. Dengan kondisi yang sehat dan tidak adanya penyakit, akan lebih mudah saat kita melakukan kegiatan ini.

Kedua, mencari gunung yang tidak terlalu tinggi

Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Bagi seorang pemula, jangan langsung memilih gunung yang tinggi terlebih dahulu. Mulailah mencari gunung – gunung yang tidak tinggi dengan keadaan jalan yang tidak terlalu terjal. Hal ini dilakukan agar kita bisa belajar menyesuaikan keadaan terlebih dahulu. Atau yang pastinya kita tidak kaget saat ingin ke gunung yang tinggi dan terjal. Jangan pernah merasa sombong terlebih jika masih pemula, karena ini menyangkut nyawa dan orang – orang yang mungkin ikut bersama anda. Jadi mulailah mendata semua gunung yang ada dan kemudian pilih salah satu yang kamu rasa tidak terlalu tinggi dan terjal. Dan setelah itu tetapkan tanggal keberangkatan. Pilihlah hari yang menurut kamu tidak akan terlalu ramai saat pendakian tersebut.

Ketiga, persiapan sebelum keberangkatan

Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Beberapa hari sebelum keberangkatan, mulailah mencari segala kebutuhan yang sekiranya kamu gunakan saat pendakian. Jika kamu mempunyai rencana menginap di gunung, siapkan tenda beserta semua kelengkapannya. Banyak toko tenda yang menyediakan keperluan pendakian. Setelah semua keperluan tenda selesai, belilah bekal yang cukup saat kamu berada di gunung, jadi mulailah memperkirakan berapa lama kamu akan berada selama pendakian tersebut. Anggap saja kamu akan berada 2 hari di gunung, maka belilah bekal untuk 3 hari. Setelah kebutuhan tenda dan bekal sudah siap. Beristirahatlah yang cukup agar stamina kita akan kuat saat melakukan pendakian.

Keempat, persiapan pendakian

Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Jika perjalanan menuju ke titik awal pendakian jauh, misalkan kamu berada di Jawa Barat dan kamu akan mendaki gunung yang berada di Jawa Tengah, ini artinya kamu harus melakukan perjalanan 2 hari sebelumnya. Carilah tempat penginapan murah yang banyak tersebar di daerah dari titik awal pendakian.

Baca juga : Cara Pesan Tiket Pesawat Online

Beristirahatlah di penginapan tersebut untuk 1 hari sebelum besoknya memulai pendakian. Selain itu kamu juga akan mempunyai waktu luang untuk mendaftar terlebih dahulu di posko penjaga yang ada di titik awal pendakian tersebut. Jika kamu tidak lelah, berjalan – jalan disekitar penginapan akan membuat tubuh kamu tidak kaku untuk pendakian besoknya.

Kelima, pendakian dimulai

Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Sebelum memulai mendaki, kamu harus membaca semua peraturan yang diberikan oleh para penjaga saat kamu mendaftar pendakian. Jangan pernah sekali – kali melanggar semua ketentuan yang telah ditetapkan, karena hal ini bisa mengakibatkan hal yang sangat buruk terhadap kamu dan tim pendakian yang lainnya. Agar gunung tetap asri, jagalah selalu kebersihannya. Bawalah plastik untuk membuang bekas – bekas makanan kamu dan bawalah selalu bersama kamu sampai turun kembali ke titik awal pendakian. Jika ternyata ada masalah dalam pendakian, tetaplah untuk tenang dan tidak panik agar masalah tidak menjadi tambah besar. Ok selamat mendaki.