Teknologi Dikembangkan Untuk Memperbaiki Pesawat Otomatis

Teknologi Dikembangkan Untuk Memperbaiki Pesawat Otomatis

Bayangkan sebuah pesawat yang bisa memperbaiki dirinya saat bepergian! Para ilmuwan di University of Bristol di Inggris telah menghabiskan beberapa tahun mengembangkan materi penyembuhan diri yang bisa memperbaiki retakan pada pesawat terbang, mirip dengan kulit manusia yang menyembuhkan. Bahan itu juga bisa memperbaiki retakan pada rangka sepeda dan celah kecil pada turbin angin.

Menurut sebuah artikel di CNN, para peneliti universitas berfokus pada material komposit yang diperkuat serat karbon. “Mikrosfer” berongga ini terbuat dari serat karbon, digunakan pada peralatan olahraga dan pesawat modern saat ini. Jika retak terbentuk, zat penyembuhan yang terkandung dalam mikrosfer dilepaskan. Kemudian akan bereaksi dengan katalis di sayap.

Mirip dengan darah, agen penyembuhan mulai menggumpal dan mengeras. Ini benar-benar akan lem retak bersama-sama. Tim peneliti bekerja dengan sekelompok insinyur kedirgantaraan dan mendapat inspirasi dari khasiat penyembuhan kulit manusia.

“Pendekatan kami di sini adalah untuk mengambil inspirasi dari tubuh manusia agar kita rusak,” kata profesor Duncan Wass salah satu peneliti utama dalam proyeknya saat wawancara dengan CNN. “Jika Anda memotong jari Anda, akhirnya itu akan sembuh, jadi kami pikir, dapatkah kita menerapkan gagasan semacam itu ke struktur buatan manusia ini? Jadi itulah yang telah kita lakukan,” tambahnya.

Tantangan di Jalan

Sampai saat ini teknologi hanya bisa membantu memperbaiki retakan yang sangat kecil. Namun, celah kecil itu yang menyebabkan masalah lebih besar dan mungkin bisa membahayakan pesawat terbang jika tidak tertangkap cukup awal. Area pesawat yang dianggap beresiko tinggi bisa mendapatkan lapisan mikrosfer khusus.

Salah satu tantangan menarik bagi kondisi cuaca. Mereka memperhitungkan pelayaran planet darat.

Menurut Profesor Wass, jet self-fixing masih sekitar satu dekade dari pengembangan. “Untuk aplikasi kedirgantaraan di mana keamanan sangat penting, kita mungkin akan jauh,” katanya.

Namun, teknologi ini bisa menjangkau lebih banyak barang konsumen seperti pisau turbin angin lepas pantai.

Bagi penggemar penerbangan, kenyataan dari jet penyembuhan diri masih mungkin berumur bertahun-tahun. Namun, teknologi sedang dikembangkan dan itu berarti pesawat penyembuhan diri adalah bagian dari masa depan kita.