Persiapan Sebelum Interview Menjadi Pilot

Persiapan Sebelum Interview Menjadi Pilot

Menurut data terbaru dari agen perekrutan penerbangan global terbesar AviationCV.com, lebih dari 540 kapten dan lebih dari 170 iklan pekerjaan petugas pertama diserahkan pada saat ini.

Sebagian besar dari mereka adalah perusahaan Asia dan Eropa. Meskipun dunia sedang membicarakan kekurangan pilot, maskapai penerbangan tidak ingin membuat keputusan sembrono.

Perusahaan berinvestasi ke alat perekrutan dan sumber daya yang lebih maju, sehingga wawancara kerja menjadi tahap menantang bagi pilot yang melamar pekerjaan. Apa yang harus diperhitungkan saat mencari posisi pilot?

Kesalahan membuat pilot

Kepala Perekrutan di AviationCV.com, Jurgita Bartasiunaite, mengklaim bahwa jumlah rata-rata calon CV dalam seminggu adalah 500. Ini sangat tergantung pada deskripsi pekerjaan dan lokasinya. Angka lebih dari 2000 CV per bulan menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja pilot sangat kompetitif, oleh karena itu, pilot harus lebih berupaya sambil melamar pekerjaan. Bagaimana? Dengan mencoba menghindari kesalahan yang paling sering dilakukan.

Cukup sering pelamar tergelincir saat tahap pertama mencari pekerjaan – persiapan CV. Mereka gagal untuk benar menunjukkan pengalaman mereka sebelumnya atau menunjukkan jumlah jam penerbangan mereka yang tidak akurat.

“Pilot terkadang lupa melampirkan dokumen yang dipersyaratkan. Ini mungkin akan menahan mereka dari tahap rekrutmen lainnya segera “, kata A.Novikiene dan menyarankan untuk selalu memeriksa ulang apakah semua lisensi, sertifikat atau dokumen terkait lainnya dilampirkan.

Bagian praktis adalah kuncinya

Wajar, bagian terpenting dari wawancara kerja adalah penilaian terhadap keterampilan teknis spesifik yang dievaluasi pada simulator.

“Jika seseorang belum menyelesaikan simulasi kambuhan pada bulan lalu, disarankan untuk melakukan beberapa latihan di simulator sebelum wawancara kerja. Hari-hari ini semua tentang terbang tangan, sehingga keterampilan itu harus sampai tergores. Praktik, praktik, latihan adalah kuncinya “, mengingatkan Kirsty Ferguson, Expert Aviation Interview Coach di Pinstripe Solutions dari Australia, perusahaan yang diakui secara internasional yang memberikan layanan rekrutmen penerbangan.

Vaiva Maslauskaite, Kepala Divisi Sumber Daya Kru di Small Planet Airlines, perusahaan penerbangan rekreasi yang terbang dengan penumpang Eropa dan Asia, setuju dengan menambahkan bahwa “keselamatan penerbangan merupakan prioritas bagi maskapai ini, jadi kami mencari orang-orang yang, pertama-tama, terampil dalam profesi mereka. Kita perlu mempercayai karyawan kita, oleh karena itu, hanya pelamar yang termotivasi untuk bekerja dan belajar, memperhatikan rincian dan mampu mengatasi berbagai situasi dengan benar diundang ke tahap kedua dari penilaian “.

Pada tahap wawancara praktis, tidak hanya keterampilan terbang, tapi juga kemampuan penanganan stres, reaksi dan kemampuan kerja tim ada di bawah kaca pembesar.

“Tes khusus membantu maskapai penerbangan untuk mengungkapkan karakter inti dari seorang pilot dan kepribadian mereka pada umumnya, oleh karena itu jangan lupa untuk beristirahat dengan baik sebelum menghadiri wawancara dan tetap fokus selama hal itu. Tidak ada yang perlu ditakuti, hanya menjadi diri sendiri dan menunjukkan yang terbaik “, memberi saran V. Maslauskaite.